RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8) Mendeskripsikan Sistem Gerak Pada Manusia Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Sistem Gerak Pada Manusia Dan Hubungannya
Dengan Kesehatan

Mata Pelajaran            : IPA (Biologi)
Kelas/Semester            : VIII/1
Pertemuan Ke-            : 5-9
Alokasi Waktu            : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi Waktu            : 1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
Indikator                     :
• Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia.
• Membedakan fungsi tulang, otot, dan sendi sebagai penyusun sistem gerak pada manusia.
• Mengidentifikasi macam dan fungsi sendi pada sistem gerak.
• Mendata contoh kelainan dan penyakit yang terkait dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. mengelompokkan tulang berdasarkan bentuk, letak, dan jaringan penyusunnya;
B. menyebutkan proses pembentukan tulang;
C. membedakan struktur tulang rawan dan tulang keras;
D. menunjukkan macam persendian pada tubuh manusia;
E. membedakan struktur dan cara kerja otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
F. mendeskripsikan sistem gerak dan hubungannya dengan kesehatan.

II. Materi Pokok
• Rangka manusia.
• Tulang.
• Otot.
• Hubungan antara tulang dan otot.

III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. praktik mengamati zat penyusun tulang dan macam-macam persendian;
B. diskusi.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-5
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang tulang. Kemudian, guru bertanya,
”Mengapa ada tulang yang dapat dengan mudah dipatahkan, tetapi ada
pula yang sulit untuk dipatahkan?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta menggolongkan tulang berdasarkan bentuknya.
2. Siswa diminta menyelidiki zat penyusun tulang. Selidik halaman 42.
3. Siswa diminta mendeskripsikan zat-zat penyusun tulang rawan dan tulang keras.
4. Siswa diminta memberikan contoh tulang yang termasuk tulang rawan dan tulang keras.
5. Siswa diminta menjelaskan perbedaan sifat tulang rawan dan tulang keras.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang zat penyusun tulang.

Pertemuan Ke-6

A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi macam-macam tulang berdasarkan letaknya. Kemudian, guru bertanya, ”Apakah fungsi tulang tengkorak sama dengan tulang paha?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mengamati macam-macam tulang dengan melihat torso atau charta manusia.
2. Siswa diminta menyebutkan fungsi dan macam-macam tulang berdasarkan letaknya.
3. Siswa diminta menyebutkan tulang-tulang penyusun lengan dan tungkai.
4. Siswa diminta menggambarkan secara sederhana tulang-tulang pembentuk gelang panggul dan gelang bahu.
5. Siswa diminta menjelaskan proses osifikasi.
6. Siswa diminta menggambarkan proses pertumbuhan tulang panjang.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum macam-macam tulang dan proses osifikasi.

Pertemuan Ke-7
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang sendi tulang.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta menggolongkan macam-macam sendi menurut sifatnya.
2. Siswa diminta menjelaskan macam-macam sendi gerak menurut arah geraknya. Lihat Proyek Sains halaman 50.
3. Siswa diminta menunjukkan sendi-sendi yang menghubungkan tulang-tulang manusia.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang sendi tulang manusia.

Pertemuan Ke-8

A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi tentang macam-macam otot.

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mengamati macam-macam otot dengan melihat charta otot manusia.
2. Siswa diminta menyebutkan fungsi otot berdasarkan letaknya.
3. Siswa diminta menguraikan ciri-ciri dan sifat otot manusia.
4. Siswa diminta menjelaskan cara kerja otot.
5. Siswa diminta menggambarkan secara sederhana otot-otot pada manusia, yaitu otot lurik, otot sambung, dan otot polos.
6. Siswa diminta membedakan sifat dan ciri-ciri otot sinergis dan antagonis.
7. Siswa diminta menyebutkan otot-otot sinergis dan antagonis.
8. Siswa diminta menunjukkan ujung otot origo dan insersi.
9. Siswa diminta menguraikan fungsi ligamen bari sistem gerak manusia.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum macam-macam otot dan cara kerjanya.

Pertemuan Ke-9

A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi macam-macam kelainan/penyakit tentang
sistem gerak manusia.

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mendata kelainan/penyakit tulang manusia.
2. Siswa diminta mendata kelainan/penyakit otot manusia.
3. Siswa diminta mendata kelainan/penyakit sendi manusia.
4. Siswa diminta mencari informasi tentang cara-cara mencegah dan mengobati kelainan/penyakit yang menyerang tulang manusia.
5. Siswa diminta mencari informasi tentang cara-cara mencegah dan mengobati kelainan/penyakit yang menyerang otot manusia
6. Siswa diminta mencari informasi tentang cara-cara mencegah dan mengobati kelainan/penyakit yang menyerang sendi manusia.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum macam-macam kelainan/ penyakit pada sistem gerak manusia.

V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 39–60;
B. lingkungan sekitar sekolah.

VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.

A. Tes Tertulis
1. Perhatikan nama-nama tulang berikut:
- tulang kering - tulang betis - tulang ekor
- tulang pinggang - tulang pipi - tulang baji
- tulang lengan atas - tulang tapis - tulang rusuk
Kelompokkan nama-nama tulang tersebut berdasarkan bentuk dan letaknya.
2. Mengapa tulang keras bersifat kuat dan kaku, sedangkan tulang rawan bersifat liat dan lentur.
3. Mengapa tulang disebut sebagai alat gerak pasif?
4. Mengapa otot disebut sebagai alat gerak aktif?
5. Sebutkan empat fungsi rangka tubuh manusia.
6. Bagaimana cara untuk mengetahui zat penyusun tulang?
7. Ruas tulang apa sajakah yang menyusun tulang belakang manusia?
8. Apakah yang dimaksud dengan:
- diafisis - kanalikuli
- lakuna - sistem Havers
- periosteum - cakra epifisis
9. Bagaimana proses pembentukan tulang pada manusia?
10. Jelaskan perbedaan antara amfiartrosis, diartrosis, dan sinartrosis.
11. Sebutkan macam-macam sendi gerak pada manusia.
12. Berikan contoh sendi putar dan sendi geser.
13. Jelaskan perbedaan antara otot polos, otot lurik, dan otot jantung berdasarkan struktur dan cara kerjanya.
14. Gambarkan secara sederhana struktur otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
15. Mengapa otot polos disebut juga otot tak sadar?
16. Jelaskan ciri-ciri otot yang sedang berkontraksi.
17. Sebutkan otot yang bekerja secara sinergis dan antagonis.
18. Apakah yang dimaksud dengan origo, insersi, dan ligamen?
19. Berikan dua contoh penyakit atau kelainan pada tulang.
20. Bagaimana cara menghindari penyakit osteoporosis?

B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.



Sekedar berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua, postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.



Jagan lupa Follow this blog dan like Fans Of School.     Kang Suley  ^_^

0 comments :

Post a Comment