RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Sistem
Gerak Pada Manusia Dan Hubungannya
Dengan Kesehatan
Mata
Pelajaran :
IPA (Biologi)
Kelas/Semester
: VIII/1
Pertemuan
Ke- :
5-9
Alokasi
Waktu :
10 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 1. Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi
Waktu :
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya
dengan
kesehatan.
Indikator
:
• Membandingkan macam organ
penyusun sistem gerak pada
manusia.
• Membedakan fungsi tulang, otot,
dan sendi sebagai penyusun
sistem gerak pada manusia.
• Mengidentifikasi macam dan fungsi
sendi pada sistem gerak.
• Mendata contoh kelainan dan
penyakit yang terkait dengan
tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
mampu
A. mengelompokkan tulang
berdasarkan bentuk, letak, dan jaringan penyusunnya;
B. menyebutkan proses pembentukan
tulang;
C. membedakan struktur tulang rawan
dan tulang keras;
D. menunjukkan macam persendian
pada tubuh manusia;
E. membedakan struktur dan cara
kerja otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
F. mendeskripsikan sistem gerak dan
hubungannya dengan kesehatan.
II.
Materi Pokok
• Rangka manusia.
• Tulang.
• Otot.
• Hubungan antara tulang dan otot.
III.
Metode Pembelajaran
Metode
yang digunakan adalah
A. praktik mengamati zat penyusun
tulang dan macam-macam persendian;
B. diskusi.
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke-5
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang
tulang. Kemudian, guru bertanya,
”Mengapa ada tulang yang dapat
dengan mudah dipatahkan, tetapi ada
pula yang sulit untuk dipatahkan?”
B.
Kegiatan Inti
1. Siswa diminta membentuk
kelompok, masing-masing kelompok
terdiri
atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta menggolongkan tulang berdasarkan
bentuknya.
2. Siswa diminta menyelidiki zat
penyusun tulang. Selidik halaman 42.
3. Siswa diminta mendeskripsikan zat-zat
penyusun tulang rawan dan
tulang
keras.
4. Siswa diminta memberikan contoh
tulang yang termasuk tulang rawan
dan
tulang keras.
5. Siswa diminta menjelaskan
perbedaan sifat tulang rawan dan tulang keras.
C.
Penutup
Guru
mengarahkan siswa untuk merangkum tentang zat penyusun tulang.
Pertemuan
Ke-6
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi
macam-macam tulang berdasarkan
letaknya.
Kemudian, guru bertanya, ”Apakah fungsi tulang tengkorak sama dengan tulang paha?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mengamati
macam-macam tulang dengan melihat torso atau charta manusia.
2. Siswa diminta menyebutkan fungsi
dan macam-macam tulang berdasarkan
letaknya.
3. Siswa diminta menyebutkan tulang-tulang
penyusun lengan dan tungkai.
4. Siswa diminta menggambarkan
secara sederhana tulang-tulang
pembentuk
gelang panggul dan gelang bahu.
5. Siswa diminta menjelaskan proses
osifikasi.
6. Siswa diminta menggambarkan
proses pertumbuhan tulang panjang.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
macam-macam tulang dan proses
osifikasi.
Pertemuan
Ke-7
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang
sendi tulang.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta membentuk kelompok,
masing-masing kelompok terdiri
atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta menggolongkan macam-macam sendi
menurut sifatnya.
2. Siswa diminta menjelaskan macam-macam
sendi gerak menurut arah
geraknya.
Lihat Proyek Sains halaman 50.
3. Siswa diminta menunjukkan
sendi-sendi yang menghubungkan
tulang-tulang
manusia.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk
merangkum tentang sendi tulang manusia.
Pertemuan
Ke-8
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi tentang
macam-macam otot.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mengamati
macam-macam otot dengan melihat charta otot manusia.
2. Siswa diminta menyebutkan fungsi
otot berdasarkan letaknya.
3. Siswa diminta menguraikan
ciri-ciri dan sifat otot manusia.
4. Siswa diminta menjelaskan cara
kerja otot.
5. Siswa diminta menggambarkan secara
sederhana otot-otot pada
manusia,
yaitu otot lurik, otot sambung, dan otot polos.
6. Siswa diminta membedakan sifat
dan ciri-ciri otot sinergis dan antagonis.
7. Siswa diminta menyebutkan
otot-otot sinergis dan antagonis.
8. Siswa diminta menunjukkan ujung
otot origo dan insersi.
9. Siswa diminta menguraikan fungsi
ligamen bari sistem gerak manusia.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
macam-macam otot dan cara
kerjanya.
Pertemuan
Ke-9
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi
macam-macam kelainan/penyakit tentang
sistem gerak manusia.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mendata
kelainan/penyakit tulang manusia.
2. Siswa diminta mendata
kelainan/penyakit otot manusia.
3. Siswa diminta mendata
kelainan/penyakit sendi manusia.
4. Siswa diminta mencari informasi
tentang cara-cara mencegah dan
mengobati
kelainan/penyakit yang menyerang tulang manusia.
5. Siswa diminta mencari informasi
tentang cara-cara mencegah dan
mengobati
kelainan/penyakit yang menyerang otot manusia
6. Siswa diminta mencari informasi
tentang cara-cara mencegah dan
mengobati
kelainan/penyakit yang menyerang sendi manusia.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
macam-macam kelainan/ penyakit
pada sistem gerak manusia.
V.
Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan
pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan
Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 39–60;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI.
Penilaian
Penilaian
meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Perhatikan nama-nama tulang
berikut:
- tulang kering - tulang betis -
tulang ekor
- tulang pinggang - tulang pipi -
tulang baji
- tulang lengan atas - tulang tapis
- tulang rusuk
Kelompokkan nama-nama tulang tersebut
berdasarkan bentuk dan letaknya.
2. Mengapa tulang keras bersifat
kuat dan kaku, sedangkan tulang rawan bersifat liat dan lentur.
3. Mengapa tulang disebut sebagai
alat gerak pasif?
4. Mengapa otot disebut sebagai
alat gerak aktif?
5. Sebutkan empat fungsi rangka
tubuh manusia.
6. Bagaimana cara untuk mengetahui
zat penyusun tulang?
7. Ruas tulang apa sajakah yang
menyusun tulang belakang manusia?
8. Apakah yang dimaksud dengan:
- diafisis - kanalikuli
- lakuna - sistem Havers
- periosteum - cakra epifisis
9. Bagaimana proses pembentukan
tulang pada manusia?
10. Jelaskan perbedaan antara
amfiartrosis, diartrosis, dan sinartrosis.
11. Sebutkan macam-macam sendi
gerak pada manusia.
12. Berikan contoh sendi putar dan
sendi geser.
13. Jelaskan perbedaan antara otot
polos, otot lurik, dan otot jantung
berdasarkan
struktur dan cara kerjanya.
14. Gambarkan secara sederhana
struktur otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
15. Mengapa otot polos disebut juga
otot tak sadar?
16. Jelaskan ciri-ciri otot yang
sedang berkontraksi.
17. Sebutkan otot yang bekerja
secara sinergis dan antagonis.
18. Apakah yang dimaksud dengan
origo, insersi, dan ligamen?
19. Berikan dua contoh penyakit
atau kelainan pada tulang.
20. Bagaimana cara menghindari
penyakit osteoporosis?
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan
mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk
dimasukkan dalam tabel penilaian.
Sekedar
berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan
tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua,
postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat
mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.
Jagan
lupa Follow this blog dan like Fans Of School. Kang Suley
^_^
0 comments :
Post a Comment