RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8) Mendeskripsikan Sistem Pencernaan Pada Manusia Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Sistem Pencernaan Pada Manusia Dan
Hubungannya Dengan Kesehatan


Mata Pelajaran            : IPA(Biologi)
Kelas/Semester            : VIII/1
Pertemuan Ke-            : 10-14
Alokasi Waktu            : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi Waktu            : 1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator                     :
• Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia.
• Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya.
• Menjelaskan fungsi makanan bagi manusia, termasuk pentingnya ASI bagi bayi.
• Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi serta fungsinya bagi tubuh.
• Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari serta upaya mengatasinya.

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan urutan proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan
makanan;
B. menjelaskan peranan enzim amilase, pepsin, tripsin, dan lipase pada proses
pencernaan makanan secara kimiawi;
C. menjelaskan fungsi karbohidrat, protein, dan lemak bagi tubuh;
D. menjelaskan fungsi vitamin dan mineral bagi tubuh;
E. menyebutkan tiga contoh penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan.

II. Materi Pokok
• Fungsi makanan.
• Makanan bagi bayi.
• Pencernaan makanan pada manusia.

III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. praktik menguji makanan yang mengandung amilum, glukosa, protein,
dan lemak;
B. diskusi.


IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-10

A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, misalnya, ”Makanan apakah yang paling sering kalian konsumsi?”

B. Kegiatan Inti
1. Guru menunjukkan beberapa jenis makanan, kemudian meminta siswa untuk menggolongkannya dalam enam golongan makanan, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
2. Siswa diminta menyebutkan fungsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air bagi tubuh manusia.
3. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta melakukan Selidik 4.1 halaman 64.
4. Siswa diminta menguji bahan makanan yang mengandung protein, Selidik 4.2 halaman 66.
5. Siswa diminta membedakan antara lemak nabati dan lemak hewani.
6. Siswa diminta membandingkan kandungan energi pada jenis-jenis makanan.
7. Siswa diminta berdiskusi tentang peran vitamin dan mineral bagi tubuh. Interaksi halaman 70.
8. Siswa diminta menyebutkan vitamin yang larut dalam lemak dan larut dalam air.
9. Siswa diminta membuat daftar makanan sehat dan makanan seimbang. Proyek Sains halaman 72.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang jenis-jenis makanan yang diperlukan oleh tubuh.

Pertemuan Ke-11
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, misalnya, ”Makanan apakah yang paling baik dikonsumsi oleh bayi?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menjabarkan keunggulan ASI bagi pertumbuhan bayi dibandingkan jenis makanan yang lain.
2. Siswa diminta menguraikan zat yang terkandung di dalam ASI.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum keunggulan ASI sebagai makanan bayi.


Pertemuan Ke-12

A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, ”Organ apa sajakah yang menyusun sistem pencernaan manusia?”

B. Kegiatan Inti
1. Guru menunjukkan charta sistem pencernaan makanan pada manusia. Selanjutnya, siswa diminta mengurutkan organ-organ penyusun sistem pencernaan makanan diawali dengan mulut hingga anus.
2. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta melakukan Selidik 4.3 halaman 76.
3. Siswa diminta menjelaskan struktur jaringan dan organ penyusun sistem pencernaan makanan.
4. Siswa diminta berdiskusi tentang fungsi jonjot pada usus halus. Interaksi halaman 80.
5. Siswa diminta menjelaskan perbedaan antara pencernaan secara mekanik dan kimiawi.
6. Siswa diminta menjelaskan perbedaan struktur duodenum, jejunum, dan ileum.
7. Siswa diminta mencari informasi tentang fungsi umbai cacing.
8. Siswa diminta menyebutkan bakteri yang terdapat pada usus besar manusia.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang organ pada sistem pencernaan makanan pada manusia.

Pertemuan Ke-13
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, misalnya, ”Apakah fungsi asam lambung bagi pencernaan makanan?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menyebutkan macam kelenjar yang berperan dalam pencernaan makanan.
2. Siswa diminta menguraikan fungsi masing-masing kelenjar tersebut.
3. Siswa diminta menjelaskan peran hati dalam pencernaan manusia.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum macam dan fungsi kelenjar pencernaan.

Pertemuan Ke-14

A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, misalnya, ”Apakah yang dimaksud dengan penyakit tukak lambung?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menyebutkan macam penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan makanan pada manusia.
2. Siswa diminta menyebutkan cara mencegah dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan makanan pada manusia.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum macam penyakit sistem pencernaan makanan manusia.

V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 61–86;
B. lingkungan sekitar sekolah.

VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Mengapa zat makanan yang berupa karbohidrat sering disebut sebagai
makanan penghasil sumber energi?
2. Bahan makanan apakah yang banyak mengandung karbohidrat?
3. Mengapa lemak nabati lebih dianjurkan untuk dimakan daripada lemak hewani?
4. Warna apakah yang akan terbentuk pada larutan bahan makanan sumber protein saat padanya ditambahkan larutan Biuret?
5. Apakah fungsi yodium bagi tubuh manusia?
6. Penyakit apakah yang akan terjadi apabila kalian kekurangan vitamin C?
7. Apakah yang dimaksud sangat makanan sehat dan makanan seimbang?
8. Mengapa ASI dangat penting bagi pertumbuhan bayi?
9. Jelaskan cara untuk menguji ada tidaknya glukosa pada suatu bahan makanan.
10. Jelaskan perbedaan antara pencernaan makanan secara kimiawi dan secara mekanik.
11. Sebutkan tiga macam kelenjar pencernaan pada manusia.
12. Gigi apakah yang diperlukan untuk mengoyak daging?
13. Gambarkan secara sederhana struktur gigi manusia.
14. Organ tubuh apakah yang menghubungkan mulut dengan lambung?
15. Apa fungsi renin bagi lambung?
16. Mengapa dinding usus halus berjonjot?
17. Apakah yang diserap oleh pembuluh kil dalam usus manusia?
18. Bakteri apakah yang terdapat pada usus besar?
19. Berupa apakah sisa makanan yang dikeluarkan oleh anus?
10. Sebutkan dua contoh penyakit dalam sistem pencernaan makanan pada manusia.
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.



Sekedar berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua, postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.



Jagan lupa Follow this blog dan like Fans Of School.     Kang Suley  ^_^

1 comments :