RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8) Mendeskripsikan Tahapan Perkembangan Manusia

RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Tahapan Perkembangan Manusia


Mata Pelajaran            : IPA (Biologi)
Kelas/Semester            : VIII/1
Pertemuan Ke-            : 3 dan 4
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi Waktu            : 1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.
Indikator                     :
• Mengurutkan tahap-tahap perkembangan manusia.
• Mendeskripsikan ciri-ciri remaja yang mengalami pubertas, termasuk menstruasi pada perempuan.

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menguraikan ciri-ciri balita, remaja, dewasa, dan manula;
B. mengurutkan tahap-tahap perkembangan manusia (balita-remaja-dewasamanula);
C. menyebutkan tanda-tanda kelamin sekunder pada laki-laki dan perempuan;
D. menjelaskan proses yang terjadi saat menstruasi.
E. menyebutkan hormon sistem reproduksi yang mulai aktif saat masa pubertas;
F. menghindari bahaya pergaulan bebas dan narkoba.

II. Materi Pokok
• Pertumbuhan manusia.
• Balita dan anak-anak.
• Remaja dan dewasa.
• Manula.

III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. pengamatan atau observasi terhadap manusia;
B. diskusi.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-3
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang pertumbuhan dan perkembangan pada
manusia. Kemudian, guru bertanya, ”Berapa berat badan kalian ketika
lahir? Berapa berat badan kalian saat ini? Berapa kalikah kenaikan berat
badan kalian saat ini jika dibandingkan saat kalian lahir?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menjelaskan pengertian dari ovulasi.
2. Siswa diminta membedakan ciri-ciri blastula, morula, dan gastrula.
3. Siswa diminta membandingan fetus, embrio, dan janin.
4. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta menguraikan ciriciri balita, remaja, dewasa, dan manula.
5. Siswa diminta mengurutkan tahap-tahap perkembangan manusia (balita-remaja-dewasa-manula).

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang ciri-ciri setiap tahap perkembangan manusia.

Pertemuan Ke-4
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi tentang beberapa perubahan yang terjadi ketika masa remaja. Kemudian, guru bertanya, ”Mengapa suara remaja laki-laki terdengar berbeda dibandingkan saat anak-anak?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menunjukkan tanda-tanda kelamin primer dan sekunder pada remaja laki-laki.
2. Siswa diminta menunjukkan tanda-tanda kelamin primer dan sekunder pada remaja perempuan.
3. Siswa diminta menguraikan tahap-tahap dalam siklus menstruasi.
4. Siswa diminta menyebutkan hormon-hormon yang berperan penting pada masa pubertas.
5. Siswa diminta menyadari pentingnya menghindari pengaruh pergaulan bebas dan narkoba.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tanda kelamin primer dan sekunder pada remaja serta tahap-tahap siklus mentruasi.

V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 23–27;
B. lingkungan sekitar sekolah.

VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.

A. Tes Tertulis
1. Buatlah skema yang menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
2. Apakah yang dimaksud dengan menstruasi?
3. Disebut apakah embrio yang sudah memiliki semua bagian tubuh lengkap, tetapi berukuran kecil (± 7 cm)?
4. Pada usia berapakah tahap pertumbuhan cepat remaja putra dan putri terjadi?
5. Jelaskan tanda-tanda kelamin sekunder pada pria.
6. Hormon apa sajakah yang berperan dalam sistem reproduksi lakilaki?
7. Jelaskan perbedaan antara ovulasi dan menstruasi.
8. Hormon apa sajakah yang berperan dalam sistem reproduksi lakilaki?
9. Sebutkan organ-organ penyusun sistem reproduksi perempuan dan laki-laki?
10. Gambarkan secara sederhana alat reproduksi perempuan dan laki-laki.

B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.



Sekedar berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua, postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.



Jagan lupa Follow this blog dan like Fans Of School.     Kang Suley  ^_^

0 comments :

Post a Comment