RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Tahapan
Perkembangan Manusia
Mata
Pelajaran :
IPA (Biologi)
Kelas/Semester
: VIII/1
Pertemuan
Ke- :
3 dan 4
Alokasi
Waktu :
4 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 1. Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi
Waktu :
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.
Indikator
:
• Mengurutkan tahap-tahap
perkembangan manusia.
• Mendeskripsikan ciri-ciri remaja
yang mengalami pubertas,
termasuk
menstruasi pada
perempuan.
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
mampu
A. menguraikan ciri-ciri balita,
remaja, dewasa, dan manula;
B. mengurutkan tahap-tahap
perkembangan manusia (balita-remaja-dewasamanula);
C. menyebutkan tanda-tanda kelamin
sekunder pada laki-laki dan perempuan;
D. menjelaskan proses yang terjadi
saat menstruasi.
E. menyebutkan hormon sistem
reproduksi yang mulai aktif saat masa pubertas;
F. menghindari bahaya pergaulan
bebas dan narkoba.
II.
Materi Pokok
• Pertumbuhan manusia.
• Balita dan anak-anak.
• Remaja dan dewasa.
• Manula.
III.
Metode Pembelajaran
Metode
yang digunakan adalah
A. pengamatan atau observasi
terhadap manusia;
B. diskusi.
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke-3
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang
pertumbuhan dan perkembangan pada
manusia. Kemudian, guru bertanya,
”Berapa berat badan kalian ketika
lahir? Berapa berat badan kalian
saat ini? Berapa kalikah kenaikan berat
badan kalian saat ini jika
dibandingkan saat kalian lahir?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menjelaskan pengertian
dari ovulasi.
2. Siswa diminta membedakan
ciri-ciri blastula, morula, dan gastrula.
3. Siswa diminta membandingan
fetus, embrio, dan janin.
4. Siswa diminta membentuk kelompok,
masing-masing kelompok terdiri
atas empat
siswa. Kemudian, siswa diminta menguraikan ciriciri balita, remaja, dewasa,
dan manula.
5. Siswa diminta mengurutkan tahap-tahap
perkembangan manusia (balita-remaja-dewasa-manula).
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk
merangkum tentang ciri-ciri setiap tahap perkembangan manusia.
Pertemuan
Ke-4
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi tentang
beberapa perubahan yang terjadi
ketika
masa remaja. Kemudian, guru bertanya, ”Mengapa suara remaja laki-laki terdengar
berbeda dibandingkan saat anak-anak?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menunjukkan
tanda-tanda kelamin primer dan sekunder pada remaja laki-laki.
2. Siswa diminta menunjukkan
tanda-tanda kelamin primer dan sekunder pada remaja perempuan.
3. Siswa diminta menguraikan
tahap-tahap dalam siklus menstruasi.
4. Siswa diminta menyebutkan hormon-hormon
yang berperan penting pada
masa pubertas.
5. Siswa diminta menyadari
pentingnya menghindari pengaruh pergaulan bebas dan narkoba.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
tanda kelamin primer dan
sekunder
pada remaja serta tahap-tahap siklus mentruasi.
V.
Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan
Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 23–27;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI.
Penilaian
Penilaian
meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Buatlah skema yang menggambarkan
pertumbuhan dan perkembangan
manusia.
2. Apakah yang dimaksud dengan
menstruasi?
3. Disebut apakah embrio yang sudah
memiliki semua bagian tubuh
lengkap,
tetapi berukuran kecil (± 7 cm)?
4. Pada usia berapakah tahap
pertumbuhan cepat remaja putra dan putri terjadi?
5. Jelaskan tanda-tanda kelamin
sekunder pada pria.
6. Hormon apa sajakah yang berperan
dalam sistem reproduksi lakilaki?
7. Jelaskan perbedaan antara
ovulasi dan menstruasi.
8. Hormon apa sajakah yang berperan
dalam sistem reproduksi lakilaki?
9. Sebutkan organ-organ penyusun sistem
reproduksi perempuan dan
laki-laki?
10. Gambarkan secara sederhana alat
reproduksi perempuan dan laki-laki.
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan
mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk
dimasukkan dalam tabel penilaian.
Sekedar
berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan
tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua,
postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat
mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.
Jagan
lupa Follow this blog dan like Fans Of School. Kang Suley
^_^
0 comments :
Post a Comment