RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Menganalisis Pentingnya
Pertumbuhan Dan Perkembangan
Mata
Pelajaran :
IPA (Biologi)
Kelas/Semester
:
VIII/1
Pertemuan
Ke- :
1 dan 2
Alokasi
Waktu :
4 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem
dalam kehidupan manusia.
Kompetensi
Dasar : 1.1
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan
pada makhluk
hidup.
Indikator
:
• Menyimpulkan perbedaan
pertumbuhan dan perkembangan
pada
makhluk hidup.
• Membandingkan pertumbuhan
beberapa macam tumbuhan
berdasarkan titik tumbuh.
• Membandingkan
metagenesis dan metamorfosis.
• Menjelaskan faktor-faktor yang
memengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup.
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
mampu
A.
menjelaskan dan memberi contoh pertumbuhan pada makhluk hidup;
B.
menjelaskan dan memberi contoh perkembangan pada makhluk hidup;
C. membedakan metamorfosis dan
metagenesis serta memberi contoh kedua hal tersebut;
D.
membedakan titik tumbuh pada tumbuhan dikotil dan monokotil;
E. menjelaskan faktor internal dan
eksternal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
II.
Materi Pokok
• Arti penting pertumbuhan dan
perkembangan.
• Faktor-faktor yang memengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
• Faktor-faktor yang memengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan hewan.
III.
Metode Pembelajaran
Metode
yang digunakan adalah
A. pengamatan atau observasi
tentang metamorfosis hewan;
B. diskusi.
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
A.
Pendahuluan
Guru memberi persepsi tentang
ciri-ciri makhluk hidup. Kemudian, guru
bertanya, ”Apakah pertumbuhan pada
makhluk hidup sama dengan
perkembangannya?”
B.
Kegiatan Inti
1. Siswa diminta membentuk
kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa
diminta menjelaskan pengertian serta ciri-ciri pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup dengan membuat bagan perbedaan
kedua hal tersebut.
2. Siswa diminta melakukan
observasi untuk menemukan gejala pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk
hidup.
3. Siswa diminta menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan yang mengalami pembelahan.
4. Siswa diminta menggambarkan
secara sederhana proses metagenesis yang terjadi pada tumbuhan.
5. Siswa diminta menyebutkan
jenis-jenis metamorfosis yang terjadi pada hewan.
6. Siswa diminta mengurutkan
tahapan pembelahan mitosis dan meiosis.
7. Siswa diminta mendeskripsikan
perbedaan pembelahan sel secara mitosis dan meiosis. Lihat Interaksi
halaman 11.
8. Siswa diminta membandingkan
tujuan pembelahan sel pada organisme bersel satu dengan
organisme bersel banyak.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk
merangkum tentang pengertian pertumbuhan, perkembangan, dan perbedaan
metagenesis serta metamorfosis pada makhluk hidup.
Pertemuan
Ke-2
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan
pertanyaan kepada siswa, misalnya, ”Apakah kecepatan
pertumbuhan serta perkembangan pada tumbuhan mangga dan jambu air
sama?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menunjukkan
faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Lihat Interaksi
halaman 13. KTSP Sains Biologi SMP 2 9
2. Siswa diminta menguraikan
faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan.
3. Siswa mendiskusikan macam-macam
hormon yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk
merangkum faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan dan hewan.
V.
Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan
pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan
Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 3–22;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI.
Penilaian
Penilaian
meliputi tes tertulis dan kinerja.
A.
Tes Tertulis
1. Jelaskan faktor-faktor yang
memengaruhi pertumbuhan hewan.
2. Jelaskan perbedaan antara
pertumbuhan dan perkembangan.
3. Jelaskan perbedaan antara
metagenesis dan metamorfosis.
4. Gambarkan secara sederhana
metagenesis pada tumbuhan lumut.
5. Berikan contoh urutan peristiwa
metamorfosis serangga.
6. Jelaskan perbedaan titik tumbuh
tumbuhan dikotil dan monokotil.
7. Apakah yang membedakan
pembelahan sel mitosis dengan meiosis?
8. Sebutkan tahap-tahap yang
terjadi pada pembelahan sel mitosis dan meiosis.
9. Faktor internal apa sajakah yang
memengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan dan hewan?
10. Mengapa cahaya matahari sangat
diperlukan tumbuhan?
11. Apakah yang dimaksud dengan
etiolasi?
12. Hormon apakah yang dapat memacu
masaknya buah?
13. Hormon apakah yang dapat
ditemukan pada serangga?
14. Mengapa manusia disebut
bersifat homoioterm?
15. Apakah fungsi gas oksigen bagi
tubuh makhluk hidup?
B.
Penilaian Kinerja
Penilaian
ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk
dimasukkan dalam tabel penilaian.
Lihat KD yang lain next
Sekedar
berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan
tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua,
postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat
mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.
Jagan
lupa Follow this blog dan like Fans Of School. Kang Suley
^_^
0 comments :
Post a Comment