RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8) Mendeskripsikan Sistem Pernapasan Pada Manusia Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Sistem Pernapasan Pada Manusia Dan
Hubungannya Dengan Kesehatan


Mata Pelajaran            : IPA (Biologi)
Kelas/Semester            : VIII/1
Pertemuan Ke-            : 15-17
Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi Waktu            : 1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator                     :
 • Menjelaskan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
• Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan.
• Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang dijumpai dalam kehidupan seharihari.

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan pengertian dan tujuan melakukan pernapasan;
B. menguraikan macam dan fungsi organ penyusun sistem pernapasan pada manusia;
C. menjelaskan perbedaan antara pernapasan dada dan pernapasan perut;
D. membandingkan fase inspirasi dan fase ekspirasi pada proses pernapasan;
E. menyebutkan tiga contoh penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan.

II. Materi Pokok
• Alat pernapasan pada manusia.
• Mekanisme pernapasan pada manusia.
• Gangguan dan penyakit pada alat pernapasan manusia.

III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. praktik mengukur kapasitas vital paru-paru dan menunjukkan proses pernapasan;
B. diskusi.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-15
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, misalnya, ”Apakah udara yang masuk pada saat menghirup udara sama dengan udara yang keluar saat kalian menghembuskan napas?”

B. Kegiatan Inti
1. Guru menunjukkan charta sistem pernapasan pada manusia, kemudian siswa diminta menjelaskan pengertian bernapas.
2. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta berdiskusi untuk menunjukkan organ-organ penyusun sistem pernapasan manusia.
3. Siswa diminta menjabarkan fungsi organ penyusun sistem pernapasan.
4. Siswa diminta menguraikan proses pertukaran gas yang terjadi di dalam alveolus.
5. Siswa diminta menjelaskan peran oksigen bagi tubuh manusia.
6. Siswa diminta menerangkan bagian tubuh yang berfungsi mengedarkan O2.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang organ-organ penyusun sistem pernapasan manusia.

Pertemuan Ke-16

A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, misalnya, ”Pada proses bernapas, faktor apakah yang menyebabkan udara luar dapat masuk ke dalam paru-paru, sedangkan udara dalam paruparu dapat keluar dari hidung?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menunjukkan proses pernapasan perut, Selidik halaman 94.
2. Siswa diminta membedakan pengertian antara kapasitas vital dan kapasitas total paru-paru.
3. Siswa diminta menjelaskan pengertian dari udara suplementer dan udara komplementer.
4. Siswa diminta menjelaskan pengertian inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan.
5. Siswa diminta mendeskripsikan ciri-ciri yang terjadi saat melakukan pernapasan perut.
6. Siswa diminta mendeskripsikan ciri-ciri yang terjadi saat melakukan pernapasan dada.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum proses pernapasan.


Pertemuan Ke-17

A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, misalnya, ”Organ apa sajakah yang terganggu apabila kalian terkena asma?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menyebutkan macam penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan pada manusia.
2. Siswa diminta menyebutkan akibat yang terjadi apabila terdapat gangguan pada sistem pernapasan manusia.
3. Siswa diminta menyebutkan cara mencegah dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan pada manusia.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum macam penyakit sistem pernapasan
makanan manusia.

V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 87–100;
B. lingkungan sekitar sekolah.

VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.

A. Tes Tertulis
1. Jelaskan tujuan dari pernapasan.
2. Mengapa menghirup udara pernapasan lewat hidung lebih baik dari
pada lewat mulut?
3. Apakah fungsi lendir di hidung pada sistem pernapasan manusia?
4. Organ apakah yang berfungsi mencegah makanan masuk ke tenggorok?
5. Sebutkan bagian-bagian yang menyusun paru-paru.
6. Apakah yang dimaksud dengan volume tidal?
7. Berapakah jumlah udara dalam kapasitas total orang dewasa?
8. Jelaskan perbedaan antara pernapasan dada dan pernapasan perut.
9. Jelaskan mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut.
10. Sebutkan tiga contoh penyakit dalam sistem pernapasan pada manusia.

B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu
per satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.

Sekedar berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua, postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.



Jagan lupa Follow this blog dan like Fans Of School.     Kang Suley  ^_^

4 comments :