RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Sistem Pernapasan
Pada Manusia Dan
Hubungannya Dengan Kesehatan
Mata Pelajaran :
IPA (Biologi)
Kelas/Semester :
VIII/1
Pertemuan Ke- :
15-17
Alokasi Waktu :
6 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 1. Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi Waktu :
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator :
•
Menjelaskan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
• Membandingkan proses inspirasi dan
ekspirasi pada sistem
pernapasan.
• Mendata contoh kelainan dan penyakit
pada sistem pernapasan
yang dijumpai dalam kehidupan seharihari.
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan pengertian dan tujuan
melakukan pernapasan;
B. menguraikan macam dan fungsi organ penyusun
sistem pernapasan pada manusia;
C. menjelaskan perbedaan antara
pernapasan dada dan pernapasan perut;
D. membandingkan fase inspirasi dan fase
ekspirasi pada proses pernapasan;
E. menyebutkan tiga contoh penyakit yang
terjadi pada sistem pencernaan.
II.
Materi Pokok
• Alat pernapasan pada manusia.
• Mekanisme pernapasan pada manusia.
• Gangguan dan penyakit pada alat
pernapasan manusia.
III.
Metode Pembelajaran
Metode yang
digunakan adalah
A. praktik mengukur kapasitas vital
paru-paru dan menunjukkan proses pernapasan;
B. diskusi.
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke-15
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan
pertanyaan, misalnya, ”Apakah udara yang
masuk
pada saat menghirup udara sama dengan udara yang keluar saat kalian menghembuskan napas?”
B. Kegiatan Inti
1. Guru menunjukkan charta sistem
pernapasan pada manusia, kemudian
siswa
diminta menjelaskan pengertian bernapas.
2. Siswa diminta membentuk kelompok,
masing-masing kelompok terdiri
atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta berdiskusi untuk menunjukkan organ-organ penyusun
sistem pernapasan manusia.
3. Siswa diminta menjabarkan fungsi
organ penyusun sistem pernapasan.
4. Siswa diminta menguraikan proses
pertukaran gas yang terjadi di dalam
alveolus.
5. Siswa diminta menjelaskan peran
oksigen bagi tubuh manusia.
6. Siswa diminta menerangkan bagian tubuh
yang berfungsi mengedarkan O2.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
tentang organ-organ penyusun sistem
pernapasan manusia.
Pertemuan
Ke-16
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan
memberikan pertanyaan kepada siswa,
misalnya, ”Pada proses bernapas, faktor apakah yang menyebabkan udara luar dapat masuk ke dalam
paru-paru, sedangkan udara dalam paruparu
dapat
keluar dari hidung?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menunjukkan proses
pernapasan perut, Selidik
halaman
94.
2. Siswa diminta membedakan pengertian
antara kapasitas vital dan kapasitas
total paru-paru.
3. Siswa diminta menjelaskan pengertian
dari udara suplementer dan udara
komplementer.
4. Siswa diminta menjelaskan pengertian
inspirasi dan ekspirasi pada proses
pernapasan.
5. Siswa diminta mendeskripsikan
ciri-ciri yang terjadi saat melakukan
pernapasan
perut.
6. Siswa diminta mendeskripsikan ciri-ciri
yang terjadi saat melakukan pernapasan
dada.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
proses pernapasan.
Pertemuan
Ke-17
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan,
misalnya, ”Organ apa sajakah yang
terganggu apabila kalian terkena asma?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menyebutkan macam
penyakit yang berhubungan dengan
sistem pernapasan pada manusia.
2. Siswa diminta menyebutkan akibat yang
terjadi apabila terdapat gangguan
pada sistem pernapasan manusia.
3. Siswa diminta menyebutkan cara mencegah
dan mengobati penyakit yang
berhubungan dengan sistem pernapasan pada manusia.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
macam penyakit sistem pernapasan
makanan manusia.
V.
Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan
pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains
Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman
87–100;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI.
Penilaian
Penilaian
meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Jelaskan tujuan dari pernapasan.
2. Mengapa menghirup udara pernapasan
lewat hidung lebih baik dari
pada lewat mulut?
3. Apakah fungsi lendir di hidung pada
sistem pernapasan manusia?
4. Organ apakah yang berfungsi mencegah
makanan masuk ke tenggorok?
5. Sebutkan bagian-bagian yang menyusun
paru-paru.
6. Apakah yang dimaksud dengan volume
tidal?
7. Berapakah jumlah udara dalam
kapasitas total orang dewasa?
8. Jelaskan perbedaan antara pernapasan
dada dan pernapasan perut.
9. Jelaskan mekanisme pernapasan dada
dan pernapasan perut.
10. Sebutkan tiga contoh penyakit dalam
sistem pernapasan pada manusia.
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati
seluruh kegiatan siswa satu
per satu. Hasilnya dicatat untuk
dimasukkan dalam tabel penilaian.
Sekedar berbagi
jika shobat punya BAHAN tambahan tentang
artikel terkait,
bermanfaat SHARE untuk kita semua, postkan link’nya di komentar. Dan jika
menurut anda artikel ini bermanfaat mohon kesediannya mempostkan komentar
sekedar ucapan terima kasih.
Jagan lupa
Follow this blog dan like Fans Of School.
Kang Suley ^_^
good,,,,kang
ReplyDeleteTerima kasih wan
ReplyDeleteblognya bermanfaat bnget.. gud luck
ReplyDeleteGud luck too,,tnks
ReplyDelete