RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8) Mendeskripsikan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia
Dan Hubungannya Dengan Kesehatan


Mata Pelajaran            : IPA (Biologi)
Kelas/Semester            : VIII/1
Pertemuan Ke-            : 18-21
Alokasi Waktu            : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi Waktu            : 1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator                     :
• Menjelaskan macam organ penyusun sistem peredaran darah manusia.
• Menjelaskan fungsi organ penyusun sistem peredaran darah manusia.
• Menyebutkan contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menyebutkan bagian-bagian atau komponen penyusun darah;
B. menjelaskan fungsi darah;
C. menjelaskan penggolongan darah berdasarkan keberadaan aglutinogen dan aglutinin;
D. membedakan ciri dan fungsi pembuluh nadi, pembuluh balik, dan pembuluh kapiler;
E. menyebutkan perbedaan antara peredaran darah dan peredaran limfa;
F. menjelaskan fungsi tonsil;
G. menyebutkan contoh penyakit pada sistem peredaran darah manusia.

II. Materi Pokok
• Darah.
• Alat-alat peredaran darah.
• Peredaran darah.
• Peredaran darah getah bening.
• Tonsil.
• Gangguan dan penyakit pada sistem peredaran darah.

III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. praktik mengukur tekanan darah menggunakan tensimeter;
B. diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-18

A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang pentingnya sistem peredaran darah seperti halnya sistem transportasi.

B. Kegiatan Inti
1. Guru menunjukkan bagan tentang komponen darah.
2. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta berdiskusi untuk menunjukkan macam dan fungsi komponen darah manusia.
3. Siswa diminta menyebutkan fungsi peredaran darah bagi tubuh manusia.
4. Siswa diminta mencari informasi tentang cara mendapatkan serum darah.
5. Siswa diminta menguraikan peran hemoglobin pada eritrosit.
6. Siswa diminta menyebutkan organ penghasil eritosit.
7. Siswa diminta menjelaskan pengaruh ketinggian daerah terhadap jumlah hemoglobin dalam eritrosit.
8. Siswa diminta menjelaskan sifat fagosit pada leukosit.
9. Siswa diminta mendiskusikan terbentuknya antibodi pada manusia.
10. Siswa diminta menyebutkan organ penghasil leukosit.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang komponen-komponen darah dan fungsinya.

Pertemuan Ke-19

A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, misalnya, ”Mengapa darah yang keluar dari tubuh saat kalian terluka akan cepat mengering?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menjelaskan proses pembekuan darah.
2. Siswa diminta mencari informasi tentang fungsi ion kalsium dan vitamin K bagi proses pembekuan darah.
3. Siswa diminta menjelaskan golongan darah pada manusia.
4. Siswa diminta mendiskusikan proses transfusi darah.
5. Siswa diminta mengerti data di PMI tentang jumlah transfusi darah yang diperlukan dalam tiga bulan terakhir di kota masing-masing.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum proses pembekuan darah.
Pertemuan Ke-20

A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, misalnya, ”Mengapa kerja jantung sangat memengaruhi kesehatan manusia?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mendiskusikan organ-organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia setelah mengamati torso atau charta sistem peredaran darah.
2. Siswa diminta menyebutkan empat ruangan penyusun jantung.
3. Siswa diminta menjelaskan fungsi katub-katub dalam sistem peredaran darah.
4. Siswa diminta menerangkan arti peredaran darah ganda pada manusia.
5. Siswa diminta mengurutkan proses aliran darah yang terjadi pada peredaran darah kecil.
6. Siswa diminta mengurutkan proses aliran darah yang terjadi pada peredaran darah besar.
7. Siswa diminta mengukur tekanan darah manusia, Selidik 6.1 halaman 112.
8. Siswa diminta membedakan ciri-ciri pembuluh nadi, pembuluh balik, dan pembuluh kapiler.
9. Siswa diminta menguraikan pengaruh aktivitas fisik manusia terhadap jumlah denyut nadinya melalui Selidik 6.2 halaman 115.
10. Siswa diminta menjelaskan pengertian dari sistem perdarah darah tertutup.
11. Siswa diminta menjelaskan peredaran getah bening.
12. Siswa diminta menguraikan fungsi kelenjar limfa.
13. Siswa diminta menunjukkan letak pembuluh limfa.
14. Siswa diminta menyebutkan jumlah tonsil dalam tubuh manusia.
15. Siswa diminta menjelaskan pengertian dari polip dan amandel.
16. Siswa diminta menjelaskan fungsi limpa bagi tubuh.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum peredaran darah ganda pada manusia dilengkapi dengan organ penyusunnya.

Pertemuan Ke-21
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, misalnya, ”Apakah yang dimaksud dengan penyakit jantung koroner?”

B. Kegiatan Inti               
1. Siswa diminta mendata penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah pada manusia.
2. Siswa diminta menjelaskan cara mencegah dan mengobati penyakit tersebut.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah pada manusia.

V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 101–126;
B. lingkungan sekitar sekolah.

VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Jelaskan fungsi darah dalam sistem peredaran darah manusia.
2. Sebutkan bagian cair dan bagian padat penyusun darah.
3. Berapa persentase air yang terkandung dalam plasma darah?
4. Apakah fungsi garam-garam mineral yang terdapat pada plasma darah?
5. Apakah yang dimaksud dengan bentuk bikonkaf pada eritrosit?
6. Di manakah eritrosit dirombak menjadi empedu oleh hati?
7. Sebutkan macam-macam leukosit dalam darah.
8. Jelaskan dengan bagan sederhana proses pembekuan darah pada manusia.
9. Jelaskan dasar yang digunakan dalam menentukan golongan darah manusia.
10. Sebutkan bagian-bagian dari jantung.
11. Jelaskan pengertian dari peredaran darah ganda pada manusia.
12. Urutkan proses yang terjadi pada peredaran darah kecil dan peredaran darah besar manusia.
13. Apakah yang dimaksud dengan sistole dan diastole?
14. Berapakah tekanan darah yang terdapat pada keadaan normal?
15. Jelaskan perbedaan ciri-ciri pembuluh nadi, pembuluh balik, dan pembuluh kapiler.
16. Mengapa darah yang dibawa oleh aorta menuju seluruh tubuh disebut sebagai darah bersih?
17. Apa fungsi katub yang terdapat pada pembuluh balik?
18. Mengapa kelenjar limfa sangat dibutuhkan oleh tubuh?
19. Berikan empat contoh penyakit atau kelainan dalam sistem peredaran darah manusia.
20. Sebutkan cara mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah manusia.

B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.



Sekedar berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua, postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.



Jagan lupa Follow this blog dan like Fans Of School.     Kang Suley  ^_^

0 comments :

Post a Comment