RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mendeskripsikan Sistem Peredaran
Darah Pada Manusia
Dan Hubungannya Dengan Kesehatan
Mata Pelajaran :
IPA (Biologi)
Kelas/Semester :
VIII/1
Pertemuan Ke- :
18-21
Alokasi Waktu :
8 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 1. Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia.
Alokasi Waktu :
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia
dan hubungannya
dengan kesehatan.
Indikator :
• Menjelaskan macam organ penyusun
sistem peredaran darah
manusia.
• Menjelaskan fungsi organ penyusun
sistem peredaran darah
manusia.
• Menyebutkan contoh penyakit yang
berhubungan dengan
sistem peredaran darah yang biasa dijumpai
dalam
kehidupan sehari-hari.
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menyebutkan bagian-bagian atau
komponen penyusun darah;
B. menjelaskan fungsi darah;
C. menjelaskan penggolongan darah
berdasarkan keberadaan aglutinogen dan
aglutinin;
D. membedakan ciri dan fungsi pembuluh
nadi, pembuluh balik, dan pembuluh
kapiler;
E. menyebutkan perbedaan antara
peredaran darah dan peredaran limfa;
F. menjelaskan fungsi tonsil;
G. menyebutkan contoh penyakit pada
sistem peredaran darah manusia.
II.
Materi Pokok
• Darah.
• Alat-alat peredaran darah.
• Peredaran darah.
• Peredaran darah getah bening.
• Tonsil.
• Gangguan dan penyakit pada sistem
peredaran darah.
III.
Metode Pembelajaran
Metode yang
digunakan adalah
A. praktik mengukur tekanan darah
menggunakan tensimeter;
B. diskusi.
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke-18
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang
pentingnya sistem peredaran darah seperti
halnya
sistem transportasi.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menunjukkan bagan tentang
komponen darah.
2. Siswa diminta membentuk kelompok,
masing-masing kelompok terdiri
atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta berdiskusi untuk menunjukkan macam dan fungsi
komponen darah manusia.
3. Siswa diminta menyebutkan fungsi
peredaran darah bagi tubuh manusia.
4. Siswa diminta mencari informasi
tentang cara mendapatkan serum darah.
5. Siswa diminta menguraikan peran
hemoglobin pada eritrosit.
6. Siswa diminta menyebutkan organ
penghasil eritosit.
7. Siswa diminta menjelaskan pengaruh
ketinggian daerah terhadap jumlah
hemoglobin dalam eritrosit.
8. Siswa diminta menjelaskan sifat
fagosit pada leukosit.
9. Siswa diminta mendiskusikan
terbentuknya antibodi pada manusia.
10. Siswa diminta menyebutkan organ
penghasil leukosit.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
tentang komponen-komponen darah
dan fungsinya.
Pertemuan
Ke-19
A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan
memberikan pertanyaan kepada siswa,
misalnya, ”Mengapa darah yang keluar dari tubuh saat kalian terluka akan cepat mengering?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menjelaskan proses
pembekuan darah.
2. Siswa diminta mencari informasi
tentang fungsi ion kalsium dan vitamin
K
bagi proses pembekuan darah.
3. Siswa diminta menjelaskan golongan
darah pada manusia.
4. Siswa diminta mendiskusikan proses
transfusi darah.
5. Siswa diminta mengerti data di PMI
tentang jumlah transfusi darah yang
diperlukan dalam tiga bulan terakhir di kota masing-masing.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
proses pembekuan darah.
Pertemuan
Ke-20
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan,
misalnya, ”Mengapa kerja jantung
sangat memengaruhi kesehatan manusia?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mendiskusikan
organ-organ penyusun sistem peredaran
darah
pada manusia setelah mengamati torso atau charta sistem peredaran darah.
2. Siswa diminta menyebutkan empat ruangan
penyusun jantung.
3. Siswa diminta menjelaskan fungsi
katub-katub dalam sistem peredaran
darah.
4. Siswa diminta menerangkan arti
peredaran darah ganda pada manusia.
5. Siswa diminta mengurutkan proses
aliran darah yang terjadi pada peredaran
darah kecil.
6. Siswa diminta mengurutkan proses
aliran darah yang terjadi pada peredaran
darah besar.
7. Siswa diminta mengukur tekanan darah
manusia, Selidik 6.1 halaman
112.
8. Siswa diminta membedakan ciri-ciri
pembuluh nadi, pembuluh balik, dan
pembuluh kapiler.
9. Siswa diminta menguraikan pengaruh aktivitas
fisik manusia terhadap jumlah
denyut nadinya melalui Selidik 6.2 halaman 115.
10. Siswa diminta menjelaskan pengertian
dari sistem perdarah darah tertutup.
11. Siswa diminta menjelaskan peredaran
getah bening.
12. Siswa diminta menguraikan fungsi
kelenjar limfa.
13. Siswa diminta menunjukkan letak
pembuluh limfa.
14. Siswa diminta menyebutkan jumlah
tonsil dalam tubuh manusia.
15. Siswa diminta menjelaskan pengertian
dari polip dan amandel.
16. Siswa diminta menjelaskan fungsi
limpa bagi tubuh.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
peredaran darah ganda pada manusia
dilengkapi dengan organ penyusunnya.
Pertemuan
Ke-21
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan,
misalnya, ”Apakah yang dimaksud
dengan penyakit jantung koroner?”
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mendata penyakit yang
berhubungan dengan sistem peredaran
darah pada manusia.
2. Siswa diminta menjelaskan cara
mencegah dan mengobati penyakit tersebut.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
penyakit yang berhubungan dengan
sistem peredaran darah pada manusia.
V.
Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan
pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains
Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman
101–126;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI.
Penilaian
Penilaian
meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Jelaskan fungsi darah dalam sistem
peredaran darah manusia.
2. Sebutkan bagian cair dan bagian padat
penyusun darah.
3. Berapa persentase air yang terkandung
dalam plasma darah?
4. Apakah fungsi garam-garam mineral
yang terdapat pada plasma darah?
5. Apakah yang dimaksud dengan bentuk
bikonkaf pada eritrosit?
6. Di manakah eritrosit dirombak menjadi
empedu oleh hati?
7. Sebutkan macam-macam leukosit dalam
darah.
8. Jelaskan dengan bagan sederhana
proses pembekuan darah pada manusia.
9. Jelaskan dasar yang digunakan dalam
menentukan golongan darah manusia.
10. Sebutkan bagian-bagian dari jantung.
11. Jelaskan pengertian dari peredaran
darah ganda pada manusia.
12. Urutkan proses yang terjadi pada
peredaran darah kecil dan peredaran
darah
besar manusia.
13. Apakah yang dimaksud dengan sistole
dan diastole?
14. Berapakah tekanan darah yang
terdapat pada keadaan normal?
15. Jelaskan perbedaan ciri-ciri pembuluh
nadi, pembuluh balik, dan pembuluh
kapiler.
16. Mengapa darah yang dibawa oleh aorta
menuju seluruh tubuh disebut sebagai
darah bersih?
17. Apa fungsi katub yang terdapat pada
pembuluh balik?
18. Mengapa kelenjar limfa sangat
dibutuhkan oleh tubuh?
19. Berikan empat contoh penyakit atau kelainan
dalam sistem peredaran darah
manusia.
20. Sebutkan cara mencegah penyakit yang
berhubungan dengan sistem peredaran
darah manusia.
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati
seluruh kegiatan siswa satu per
satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
Sekedar berbagi
jika shobat punya BAHAN tambahan tentang
artikel terkait,
bermanfaat SHARE untuk kita semua, postkan link’nya di komentar. Dan jika
menurut anda artikel ini bermanfaat mohon kesediannya mempostkan komentar
sekedar ucapan terima kasih.
Jagan lupa
Follow this blog dan like Fans Of School.
Kang Suley ^_^
0 comments :
Post a Comment