REGENERASI SEL

REGENERASI SEL


1.      Regenasi Sel Tubuh

Regenarasi sel adalah proses pembentukan sel uuntuk menggantikan sel yang mati yang diatur mulai tingkat terkecil dalam sel tubuh kita.Setiap saat,setiap detik sel pada tubuh kita ada yang mati &setiap itupula lahir sel yang menggantikannya atau disebut proses regenerasi.Setiap bagian tubuh dari manusia selalu berganti.Tulang manusia menggantikan dirinya selama 12,5 kali selama hidupnya, sel kulit kita hanya berusia 28 hari sejak tumbuh dari endodermis sampai mengelupas atau pada lapisan epidermis.

Berbagai jenis sel darah merah setiap hari ada yang mati dan hancur,namun sumsum tulang membentuk sel darah merah yang baru. Setiap saat kita mengalami pembongkaran (bagi yang hidup tdk sehat) & penumpukkan ulang kalsium(bagi yang hidup sehat). Proses pembongkaran inilah yang menyebabkan tulang menderita osteoporosis.

Proses regenerasi dominant mulai usisa anak-anak sampai kira- kira 30 tahun, kemudian setelah itu proses degenerasilah yang paling dominant. Namun pada dasarnya Proses regenerasi (pembentukkan) dan degenerasi (perusakkan) sel akan selalu terjadi dalam tubuh kita.Tinggal bagaimana kita mengatur hidup kita, kalu kjita hidup sehat, Inysa ALLAH……..proses degenerasi tidak akan sampai membuat kita terserang penyakit yang berat.

2.      Regenasi Sel Otak

Lantas bagaimana dengan regenerasi sel pada otak manusia??.Jumlah sel otak manusia sejak lahir sekitar 100 miliar sel,tidak akan bertambah lagi tapi hanya mengalami dapat berkembang.Pada perkembangannya sel otak satu dengan yang lainnya akan saling berhubungan melalui dendrite(cabang dari sel otak).Perkembangan dendrite pesat pada usia 1-5 th(membentuk sekitar 250 ribu neuron setiap menitnya),kemudian melambat sesuai dengan bertambahnya usia manusia.

Ada yang berpendapat otak manusia terdiri dari kumpulan massa protoplasma yang sangat kompleks.Sel-sel tersebut disebut neuron dapat berkembang pesat karena manusia memiliki gen ‘human accelerated region’.Para ahli mengatakan otak manusia dapat digunakan optimal & regenerasinyaunlimited / tidak terbatas,asal umuir manusia panjang sekitar 350 juta thn.

Namun sayangnya umur manusia rata-rata hanya berkisar ampai 60-70 thn. Para ahli memperkkirakan manusia tidak memakai lebih dari 105 kemampuan otaknya,dikarenakan umur manusia yang sangat singkat.Akhirnya sel yang 10% tadi tidak berkembang & kapasitas keseluruhan sel menurun secara bertahap menjelang bertambahnya usia manusia(degenerative cell).Dan proses regenerasinya berhenti pada saat manusia mati.

Manusia sendiri ternyata mengagumi kemampuan otaknya sendiri,sampqai-sampai manusia membuat teknologi JST(JAringan Syaraf Tiruan) yang prinsip kerjanya mencontoh kerja otak manusia.Teknologi ini banyak digunakan untuk pengenalan huruf secara optis(untuk membaca tulisan tangan),mendeteksi pemalsuan kartu kredit(visa),& memprediksirespon pelanggan,dll.Telah kita ketahui bersam bahwa otak manusia memililki 3 bagian dasar atau yang lebih dikenal dengan nama triune braine yaitu batang otak,system limbik, & neokorteks.

Batang otak sebagai motorik sensorik yang sanggup mengembangkan pengetahuan fisik dari panca indera.Sistem limbic digunakkan untuk menyimpan perasaaan,pengalaman,memori,kemampuan belajar,mengatur pola tidur,lapar,haus,tekanna pada jantung,darah,suhu,kimia tubuh serta metabolisme & system kekebalan tubuh(keseluruhannya bersifat emosional & kognitif).Sedangkan neokorteks berperan untuk mengatur pesan- pesan yang diterima melalui penglihatan,pendengaran & sensasi tubuh.

Yang sering kita alami baik tua maupun muda adalah penyakit lupa / pikun(senile dementia).Yang menyerand sistem limbik yaitu pada fungsi memori(yaitu kemampuan otak untuk menerima ,mengeluarkan informasi ataupun pengalaman yang dialami dalam hidup) yang terletak pada hipokarmus dari bagian lobus temporalis pada otak.Semakin umur bertambah, kemampuan ingatan akan semakin melemah

Untuk mengatasinya kita bisa memeriksakan otak kita dengan menggunakan alat antara lain computerize memory test,video brain mapping monitoring ,& transial Doppler.Alat-alat tersebut sudah ada di beberapa rumah sakit di Indonesia.Prinsipnya alat ini kemudian dilakuka terapi atau dicari solusinya.

Ada satu perbedaaan antara regenerasi sel otak dengan sel tubuh.Jika sel tubuh da yang mati maka akan beregenerasi, asalkan nutriennya tercukupi.Sedangkan pada sel otak,jika da sel otak yang mati maka tidak akan terjadi regenerasi sel otak.Tapi sel yang masih berfungsi/hidup dapat menngantikan fungsi sel yang telah mati,tapi syaratnya antara sel yang mati dengan yang hidup harus saling terhubung melalui dendrit.

Lantas apa saja yang dapat menghambat proses penyampaian implus dari neuron satu ke yang lain.Ada banyak faktor penghambat proses penyampaian impuls beberapa diantaranya adalah :   digunakkan untuk       menyimpan perasaaan, pengalaman, memori, kemampuan belajar,mengatur pola tidur,lapar,haus,tekanna pada jantung,darah,suhu,kimia tubuh serta metabolisme & system kekebalan tubuh(keseluruhannya bersifat emosional & kognitif).

Sedangkan neokorteks berperan untuk mengatur pesan- pesan yang diterima melalui penglihatan,pendengaran & sensasi tubuh.  Yang sering kita alami baik tua maupun muda adalah penyakit lupa / pikun(senile dementia).Yang menyerand sistem limbik yaitu pada fungsi memori(yaitu kemampuan otak untuk menerima ,mengeluarkan informasi ataupun pengalaman yang dialami dalam hidup) yang terletak pada hipokarmus dari bagian lobus temporalis pada otak.Semakin umur bertambah, kemampuan ingatan akan semakin melemah

Untuk mengatasinya kita bisa memeriksakan otak kita dengan menggunakan alat antara lain computerize memory test,video brain mapping monitoring ,& transial Doppler.Alat-alat tersebut sudah ada di beberapa rumah sakit di Indonesia.Prinsipnya alat ini kemudian dilakuka terapi atau dicari solusinya.

Ada satu perbedaaan antara regenerasi sel otak dengan sel tubuh.Jika sel tubuh da yang mati maka akan beregenerasi, asalkan nutriennya tercukupi.Sedangkan pada sel otak,jika da sel otak yang mati maka tidak akan terjadi regenerasi sel otak.Tapi sel yang masih berfungsi/hidup dapat menngantikan fungsi sel yang telah mati,tapi syaratnya antara sel yang mati dengan yang hidup harus saling terhubung melalui dendrit.

Lantas apa saja yang dapat menghambat proses penyampaian implus dari neuron satu ke yang lain.Ada banyak faktor penghambat proses penyampaian impuls beberapa diantaranya adalah :

Oksigen

Tanpa makan manusia dapat bertahan sekitar 40 hari,tanpa minum sekitar 3 hari, & tanpa oksigen hanya 8 menit.Manusia normal membutuhkan O2 sekitar 375 liter perhari.Sekali melakukan inspirasi kurang lebih udara masuk kedalam tubuh.Jika kekurangan O2 akibat penumpukkan nikotin pada paru-paru ataun yang lainnya,tentu saja proses penyampaian inspirasi akan terhambat bagaimana tidak otak yang berfungsi mengatur keseluruhan tubuh,jika da kerusakkan za……..mau tidak mau pasti ada salah satu atau beberapa fungsi organ akan bermasakah.

Air

Tubuh kita 75% terdiri dari air,darah 82%, 7 tulang 22% air.Kebutuhan air setiap hari begitu banyak untuk manusia normal sedikitnya kita harus minum 8 gelas perhari tapi takaran gelas setiap orang kadang tidak sama jadi kalau diliterkan kira-kira 2 literanlah.Eits….kalau abagi perokok harus ditambah lho..!.

Untuk apa sich…air 2 liter itu?air tersebut digunakan untuk menggantikkan cairan yang keluar dari tubuh kita.baik yang keluar lewat air seni,keringat,ekskresi maupun sekresi.

Bila kebutuhan air yang 2 liter tersebut tidak terpenuhi apa yang terjadi ?tentunya tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan menyedot air dari komponen tubuh sendiri.Darah yang disedot kandungan airnya akan menjadi kental.Akibatnya perjalanan darah akan terhambat.Cirinya dengan gringingen( yaitu keadaaan mati rasa sementara pada kaki atau tangan,karena terlalu lama duduk atau aliran darahnya macet keadaan ini hanya berlangsung beberap menit atau detik saja)orang jawa biasanya menyebut demikian.

Tapi jangan disepelekan kalau sampai darah mengental aliran darah tidak bisa memasuki pembuluh kapiler.Otomatis akibatnya terjadi penyumbattanv aliran darah , kalau sampai pada otak akan mengakibatkan stroke(berat otak dewasa kurang lebih 1,5 kg / 20% dari berat badannya).

Bagaimana proses regenerasi pada sel otak akibat stroke.Sel-sesl otak yang rusak akibat strok tidak dapat kembali normal,atau tidak terjadi regenerasi .bahkan sel –sel tersebut menciut & mati.Tapi sel otak tsb dapat dirangsang untuk tumbuh kembali.sel neuron tsb juga dapat menjalin hubungan dengan sel-sel otak lainnya.Tapi sayangnya proses tersesbut hanya terjadi pada hewan,sedangkan pada manu8sia masih belum ditemukan cara menumbuhkan sel muda/sel stem tsb.

Selanjutnya penyakitkedua yang dapat menyerang adalah gagal ginjal.Kentalnya darah membuat darah harus ekstra keras menyaring darah.Dan karena saringan dalam darah halus tidak jarang darah yang kental dapat menyebabkan perobekkan glomelurus pada ginjal.Ditandai dengan warna kemerahan pada air seni.jika dibiarakan anda harus cuci darah seminggu sekali,kira-kira biyayanya Rp.400.000 ruoiah percuci darah haraga yang fantastic bukan….?

Kurang minum juga menyebabkan dehidrasi(kekurangan cairan) dehidrasi ini meskipun dampak yang paling ringan,tapi kalua sampai cairan yang hilang tidak segera dipenuhi manusia dapat mati.Tapi saat haus hati-hatilah memilih jenis minuman.Misalnya minuman bersoda pada minuman bersoda sebenarnya gelembung pada minuman bersoda sejatinya adalah karbon yang bersifat racun jika diserap oleh tubuh.

Adapula minuman ber- O2 jika terlalu panas (terkena cahaya matahari)akan berubah sifat menjadi radikal bebas(penyebab kanker),makanya biasanya pada botol kemasannya ada tulisan simpan di tempat sejuk & jauh dari matahari.  Penyumbattan aliran darah , kalau sampai pada otak akan mengakibatkan  stroke(berat otak dewasa kurang lebih 1,5 kg / 20% dari berat badannya).

Pengaruh Tidur

Berdasarkan riset Proceeedings of the National,Academy of Science(tim dari Universitas Priceton),kurang tidur dapat menghasilakajn lebih sedikit sel-sel otak baru di wilayah hippocampus yaitu suatu wilayah di otak yang terlibat dalam pembentukkan ingatan.Jadi akibat kurang tidur akan menaikkan kadar hormone stresss corticosterone yang bisa berakibat terhambatnya regenerasi sel otak alias lola(loading luamaa…).

Jadi tanpa darah yang berisi nutrisi(terutama glukosa) & O2 ,akhirnya mengalami kerusakkan permanent & berakibat kematian sel otak(brain death).

Gampang sekali manusia mati bukan?....setiap hari sebemarnya kita mengalami mati perlahan(mengurangi umur) dengan tindakan kita yang sering makan –makanan tidak bergizi,malas olahraga,kurang minum,tidur.dan pola hidup yang salah lainnya.Tapi kematian yang sesungguhmnya yaiiiitu ketika seluruh proses metabolisme tubuh berhenti,biasanya karena gagal jantung & kegagalan pada saluran pernapasan(paru-paru).

Memang mati takdir tuhan,kita tinggal menunngu waktu.Tapi setidaknya kita berusaha melaksanakan tangggung jawab menjaga apa yang telah diberikan oleh Tuhan.





Enhanced by Zemanta

0 comments :

Post a Comment