Peranan Protozoa Dalam Kehidupan Manusia Dalam Bidang Kesehatan Dan Industri

Peranan Protozoa Dalam Kehidupan Manusia
Dalam Bidang Kesehatan Dan Industri

KESEHATAN
Protozoa yang hidup di air tawar dan air laut merupakan zooplankton yang menjadi salah satu sumber makanan bagi hewan air termasuk udang, ikan, kepiting yang secara ekonomis bermanfaat bagi manusia. Peran protozoa lainnya adalah dalam mengontrol jumlah bakteri di alam karena protozoa merupakan pemangsa bakteri.
Salah satunya : Entamoeba coli sebagai pembantu pembusukan makanan dan membentuk vit K. Tapi kadang akan menyebabkan diare saat kondisi tubuh lemah.
Esterichia coli (e-coli) dari bakteri dapat menghasilkan vit B12, vit K, dan pembusukan makanan.
Protozoa digunakan sebagai indikator kualitas air, materi limbah mentah dapat dikatagorikan kedalam tiga golongan.
  1. Kotoran cara domestik
  2. Limbah industri    senyawa pengdegradasi senyawa kimia anorganik.
  3. Stromwater yang mengandung polutan (air mengalir yang membawa kotoran permukaan)

INDUSTRI
Foraminifera, kerangkanya yang telah kosong mengendap di dasar laut membentuk tanah globigerina, yang berguna sebagai petunjuk adanya minyak bumi.
Ordo Radiolaria, kerangkanya dari kersik, jika mengendap di dasar laut menjadi tanah radiolaria yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok alat-alat rumah tangga dan bahan peledak. Exp : Acanthometron dan Collosphaera

Prosesnya mekanismenya masih belum tahu.
Peranan  mikroba dan protozoa dalam penanggulangan limbah cair kertas secara aerobik. Limbah  yang berisikan kotoran mentah yang bersifat semi solid dilewatkan  kedalam tanki  aerobik , dalam tanki tsb dimasukkan mikroba dan protozoa  aerob yang berfungsi mendegradasi limbah mentah yang ada dalam tangki dan menghasilkan produk samping berupa amoniak, methan, hidrogen sulfida . Dalam tangki aerob terdapat tiga lapisan, dimana lapisan pertama berisikan hasil samping dari degradasi limbah cair kertas oleh mikroba aerob dan protozoa, lapisan kedua berisi cairan yang masih mengandung limbah cair kertas dan lapisan ketiga berupa sludge yang dapat dipergunakan untuk pupuk. Protozoa yang digunakan adalah kelas Ciliata yaitu Metapus sp, Saprodinium sp, Epulxis sp.

TAMBAHAN
Secara umum peranan mikroba
Beberapa contoh dapat dikemukkan manfaat mikroba untuk kepentingan dan kesejahteraan umat manusia, dalam beberapa bidang, antara lain:
a. Bidang pertanian seperti peningkatan kesuburan tanah melalui fiksasi N2, siklus 14 nutrien, peternakan hewan;
b. Bidang makanan dan industri, seperti metode pengawetan makanan, metode fermentasi makanan, dan penemuan makanan tambahan;
c. Bidang kesehatan, seperti identifikasi penyakit baru, obat dan pengobatan, pencegahan penyakit; vaksinasi, imunisasi, kemoterapi;
d. Bidang Lingkungan dan Energi, seperti ditemukannya bahan bakar hayati (metanol dan etanol), bioremediasi, pertambangan;
e. Bidang Bioteknologi, seperti modifikasi mikroorganisme secara genetik, produk farmasi, terapi gen untuk penyakit tertentu; produksi antibodi monoklonal dan sebagainya.

Mikroba di alam secara umum berperanan sebagai produsen, konsumen, maupun redusen.
a. Jasad Produsen
Menghasilkan bahan organik dari bahan anorganik dengan energi sinar matahari. Mikroba yang berperanan sebagai produsen adalah algae dan bakteri fotosintetik.
b. Jasad Konsumen
Menggunakan bahan organik yang dihasilkan oleh produsen. Contoh: protozoa
c. Jasad Redusen
Menguraikan bahan organik dan sisa-sisa jasad hidup yang mati menjadi unsur-unsur kimia (mineralisasi bahan organik), sehingga di alam terjadi siklus unsur-unsur kimia. Contoh: bakteri dan jamur (fungi).
Mikroba-mikroba ini sangat bermanfaat untuk pertanian, dan juga pengolahan limbah, terutama yang mengandung bahan organik.

Vaksin yang menggunakan iradiasi dibagi menjadi dua macam, yaitu vaksin aktif dan vaksin
inaktif. Vaksin aktif adalah vaksin dengan bahan dasar organisme hidup yang telah dilemahkan
dengan proses iradiasi, sedangkan vaksin inaktif adalah vaksin dengan bahan dasar organisme mati hasil iradiasi.
Vaksin aktif yang telah dilemahkan biasanya digunakan untuk parasit yang bersifat intraselular yang berasal dari protozoa dan cacing.
Vaksin inaktif contohnya Leishmania, yaitu penyakit Kala-azar yang ditimbulkan oleh protozoa





0 comments :

Post a Comment