Aku Mau Berhenti Ngerokok :)

Filled under:

Judulnya sih udah keren tuh, tapi gue harap pembaca jangan tertipu, itu sama ajah kaya kaleng biskuit engkong guan yang isinya rangginang atau kerupuk, tapi juga jangan kecewa, selama itu masih bisa dimakan sukuri ajah. *ini apa sih* abaikan.

 Buat para cowo ngerokok adalah hal yang wajib, kalo cowo nggak ngerokok di katain banci terus di kecengin gini.

“Banci ajah ngerokok masa lu nggak!”

Kalimat itu nyakitin banget, tapi sekaligus nggak masuk diakal, kenapa? Ya coba lu bayangin ajah, banci ngerokok terus dia juga ikutan ngerokok, jadi siapa yang banci sebenernya? Kalo boleh di jawab ya mereka berdua itu yang  banci, yang ngomong  “Banci ajah ngeroko masa lu nggak!” itu banci dan banci yang udah pasti banci. Ngerti nggak? Nggak yah, makannya belajar. *ngunyah beling*

Jadi, aneh mereka yang ngata-ngatain cowo yang nggak ngerokok, ngatain banci padahal dianya sendiri yang banci. Inilah kisah teman Gue yang merokok, sebut aja si 'A'.
Dia bercerita gue juga dulu ngerokok katanya tapi sekarang udah berenti, alesan kenapa gue berenti, karena rokok nggak sehat, nggak baik buat kesehatan gue, nggak baik buat masa depan gue, nggak enak buat dimakan apalagi di emut.

Alesan yang paling mendasar kenapa gue berenti ngerokok, gue udah kena fleck, bahasa kedokteran sekaligus bahasa para rokoholik (perokok) yang artinya paru-parunya kena, kena apaan? Kena…pa kau tinggalkan diriku dengan yang lain, halahh malah curhat. Oke, skip.

Sampe mana tadi?

Oiyah, sampe paru-paru gue kena. Iya, paru-paru gue kena fleck kanan-kiri dan untungnya nggak gede tuh fleck-nya gue batuk-batuk melulu, sampe ahirnya gue periksa ke dokter dan dokter bilang supaya gue berenti ngerokok untuk ngejalanin pengobatan dan terapi, setelah di ronsen dan di jelasin kenapa gue ngejalanin terapi ini gue-pun dikasih obat yang banyaknya bukan main, kaya permen tapi rasanya pait.

Gue disuruh dateng lagi setelah obat itu habis, obat itu buat satu bulan, gue balik lagi ke dokter berarti satu bulan kemudian. Bulan pertama gue mulai membaik batuk mulai jarang dan sekarang nggak ada darah di dahak gue, tapi masih ada sesak nafas yang kadang-kadang dateng kalo gue lagi belajar di kelas. Gue sampe pengen nangis kalo nafas gue sesek, sayang gue cowo jadi pantang nangis di depan umum.

Bulan kedua gue dateng lagi ke dokter buat periksa, gue keluarin semua keluhan gue, kalo gue itu masih sesek, masih ganteng, dan masih jomblo. Dokter ngasih obat lagi kaya biasanya obat yang dokter kasih banyak banget, sekarang nambah jadi banyak banget banget. Tapi gue nggak protes udah prosedurnya gitu, kalo mau sembuh ya diminum obatnya, mau pait manis, asem, asin, DIMINUM AJAH NGGAK USAH BANYAK NGOMONG!! *caps lock error*.

Obat yang dikasih dokter di bulan kedua ternyata buat 2 bulan kedepan, minum obat kaya gajian bisa dirapel. Pantes obatnya nambah banyak.

Sampe 7 bulan lamanya gue jalanin pengobatan, pas bulan ke 7 tepatnya bulan puasa kemarin gue selesai pengobatan dan waktu gue dironsen untuk kedua kalinya, ahirnya ada kabar baik, dokter bilang kalo gue sembuh. Alhamdulilah. Hasil kesabaran dan do’a dari orang tua gue, ahirnya gue sembuh juga. 7 bulan bukan waktu yang sebentar tapi gue nggak putus asa, gue yakin gue bisa sembuh walopun dengan waktu yang lama dan ahirnya gue dikasih sembuh, terimakasih ya Allah.
Mungkin ini juga berkah bulan ramadhan juga, luar biasa emang. Banyak pelajaran yang gue ambil dari proses pengobatan berlangsung, gue belajar sabar, ngehargain betapa asiknya berenti ngerokok, ngehargain kehidupan dan kesehatan diri gue sendiri dan orang tua gue yang selalu ada buat support dan bayarin obat yang gue minum. Dan masih banyak pelajaran yang gue dapetin.

Setelah dia cerita panjang lebar, gue mau kasih kalian tips dan saran ala teman gue tadi, khususnya buat para cowo, mau tau tipsnya apaan? Klik

0 comments :

Post a Comment