Pengertian Lapisan Atmosfer dan Susunan Lapisan

Filled under:


Atmosfer (lapisan udara/gas) Susunan lapisan  tmosfer Atmosfer berasal dari kata “atmo” yang berarti udara dan “sfera”yang artinya lapisan. Jadi intinya atmosfer adalah lapisan udara yangmenyelimuti bumi. Lapisan atmosfer bumi meurut para ahli kira - kira tebalnya 700Km dari permukaan air laut. Berdasarkan perbedaan suhu udara dan ketinggiannya, lapisan atmosfer di bagi menjadi epmat yakni:


Bumi terdir dari beberapa benda padat (lithosfer), bendacair (hidrosfer), dan benda gas (atmosfer). Ketiga-tiganya sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainya.

A. Lapisan Troposfer
Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling bawah dan paling dekat dengan permukaan bumi. Dengan ketinggian 0 Kmsampai 12 km dari permukaan air laut. Sifat udara yang khas pada lapisan ini,yaitu setiap kita naik 100 meter suhu udara akan turun sebesar 0,5° Csampai 0,64°C dan sebaliknya kalau kita turun 100 meter suhu udara juga akan turus sebanyak 0,5° C sampai 0,64° C.

Lapisan troposfer sangat penting bagi kehidupan manusia sebab:
Menyediakan oksigen, nitrogen, dan zat - zat lain yang bermanfaat bagi kelangsungan makhluk hidup. Tempat terjadinya proses pembentukan gejala- gejala cuaca, seperti angin, hujan, awan, dan sebagainya yang sangat dibutuhkan makhluk hidup

B. Lapisan Startosfer
Pemantulan Gelombang
Lapisan kedua dari permukaan bumi ini memiliki ketinggian dari 12 Km sampai 50 Km dari atas permukaan air laut. Lapisanini juga sangat penting bagi kehidupan karena pada lapisan ini tempat berkumpulnya Zat ozon dari situ lapisan ini dinamakan zone leyer . fungsi lapisan ozon ini adalah melindungi bumi dari pengaruh langsung sinar ultaviolet. Sinar sinar ultraviolet ini sangat panas bahakan jika langsung terkena di permukaan bumi bisa hangus terbakar.

C. Lapisan Mesosfer
Lapisan ketiga atmosfer adalah mesosferyang berketinggian 50 Km sampai 80 Km dari atas permukaan air laut. Manfaat dari lapisan mesosfer adalah dapat memantulkan gelombang radio dan televisi (gelombang VHF dan UHF). Sehinga kita dapat mendengarkan radio dan menonton televisi.

D. Lapisan Termosfer
Thermos artinya panas. Lapisan termosfer adalah lapisan yang panas. Dengan ketinggian antara 80 Km sampai 700 KM dariatas permukaan air laut. Di lapisan ini terjadi kenaikan suhu yang sangat siknifikan karena adanya pengaruh radiasi sinar X dari ultraviolet. Pada lapisan termosfer juga terjadi ionisasi, yang menyebabkan terkumpulnya proton dan elektron sehingga lapisan ini juga disebut lapisan ionosfer.

14 comments :

  1. artikelny bagus dan sangat membantu sekali.terima kasih

    ReplyDelete
  2. Iya sama-sama senang bisa membantu

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat sekali untuk tugas seolah..

    ReplyDelete
  4. Lengkap banget materinya, beserta gambarnya juga. Thx

    ReplyDelete
  5. Artikelnya mantap deh gannnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
  6. Bagus gan. Ijin copas yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  7. Artikel yang bermanfaat, untuk mudah menghafal dalam ujiang, kunjungi juga:
    http://jembatankeledaimnemonic.blogspot.com/2014/02/jembatan-keledai-urutan-lapisan.html
    upaya promosi gan

    ReplyDelete
  8. ketinggian sebernanya (akurat) lapisan udara, yang mana gan??
    soalnya aku liat berbeda-beda, contoh : lapisan troposfer, di blog kamu 0 - 12km, dibuku geografi 0 - 10 km, diblog2 lain, ada yang 0-13km, 0-15km...
    begitu juga untuk stratosfe,mesosfer,termosfer dan eksosfer.. :(

    ReplyDelete
  9. Aku juga bingung dengan ukuran lapisan udara, knapa kok di buat beda2
    dan mana yang bnar?
    mkasih

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih atas bantuan nya, sehingga PR pun siap juga. Mksh banyakk :)

    ReplyDelete
  12. Makasih ya opa. Aku jadi manusia

    ReplyDelete