Tanya Jawab Biokimia | Air dan Garam Mineral


1. Berapakah kira-kira persentase kandungan air dalam tubuh kita? apakah semakin tua seseorang maka kandungan airnya makin tinggi?
Sekitar 65% dari massa tubuh kita adalah air. Otak, merupakan organ tubuh manusia yang memiliki kandungan air terbanyak yaitu 90 %, otot-otot 85%, dan tulang antara 25% dan 40% terdiri atas air.Individu dewasa muda secara proporsional memiliki kandungan massa air lebih tinggi ketimbang orang yang  lebih tua.
2. Secara Biologis, apa Fungsi Utama air?
Air adalah pelarut utama dalam reaksi kimia makhluk hidup, air juga merupakan sarana utama transportasi zat dalam sel dan antara sel dan jaringan dan bertanggung jawab untuk pemeliharaan suhu yang memadai untuk fungsi organisme. Air juga merupakan pereaksi atau produk reaksi biokimia, seperti fotosintesis, respirasi seluler, ikatan peptida untuk pembentukan protein, dll
3. Air memiliki peran penting dalam reaksi organik. Apakah contoh dari dua jenis reaksi organik di mana air masing-masing dibutuhkan atau dibebaskan dalam produk reaksi ini?
Fotosintesis adalah suatu proses biokimia di mana air dimasukkan ke dalam molekul organik. Dalam reaksi, atom hidrogen dari air ikut membentuk glukosa dan atom oksigen dari air membentuk molekul oksigen : karbon dioksida + air + cahaya = glukosa + oksigen.
Respirasi aerobik adalah contoh dari reaksi biokimia di mana air dihasilkan: glukosa + oksigen = karbon dioksida + air.
4. Apa pentingnya air dalam aktivitas enzim?
Enzim, katalis biologis, tergantung pada air untuk mencapai substrat mereka dan mengikat mereka. Tidak ada aktivitas enzimatik tanpa air. Selain itu, enzim tergantung pada interval pH yang cukup untuk kinerjanya dan pH merupakan konsekuensi dari pembebasan kation hidrogen (H +) dan anion hidroksil (OH-) dengan asam dan basa dalam larutan air.
5. Apa saja sifat  utama air yang membuat air menjadi spesial untuk kehidupan?
Sifat air yang membuat air penting secara biologis adalah polaritas molekul, stabilitas termal,  netralitas asam-basa, ukuran molekul kecil dan reaktivitas kimia yang rendah. (Dibandingkan dengan zat lain, seperti etanol atau hidrogen sulfida.)
6. Apakah yang dimaksud dengan Ion?
Ion adalah atom atau zat bermuatan listrik. Kedua jenis ion kation dan anion. Kation adalah ion dengan muatan listrik positif dan anion adalah ion dengan muatan listrik negatif.
7. Sebutkan ion positif utama yang terdapat dalam makhluk hidup?
Kation utama yang terdapat pada makhluk hidup adalah kation natrium (Na +), kation kalium (K +), kation kalsium (Ca + +), kation besi (Fe + +, Fe + + +), kation magnesium (Mg + +), kation seng (Zn + + ) dan kation mangan (Mn + +).
8. Apa sajakah ion negatif utama yang ditemukan dalam makhluk hidup?
Anion utama yang ditemukan dalam makhluk hidup adalah anion klorin (Cl-), anion fosfat (PO4 -), anion bikarbonat (HCO3-), anion nitrat (NO3-) dan anion sulfat (SO4-).
9. Mengapa pengaturan pH penting bagi makhluk hidup? Bagaimana garam mineral berpartisipasi dalam peraturan ini?
Potensi hidrogen (pH) adalah ukuran jumlah ion hidrogen (H-) dalam suatu larutan. Pengaturan pH sesuai dengan kebutuhan masing-masing organ atau jaringan sangat penting bagi organisme karena enzim bekerja hanya pada rentang pH tertentu dan banyak protein hanya aktif pada suatu rentangan pH. Oleh karena itu reaksi biokimia tergantung pada tingkat pH yang benar terjadi. PH netral adalah salah satu sifat air.
10. Pada proses biologis apa sajakah kalsium berpartisipasi?
Kalsium hadir di hampir semua sel dan memiliki beberapa fungsi.
Kalsium memiliki peran penting dalam kontraksi otot, dalam proses pembekuan darah, dalam struktur jaringan tulang, gigi, dalam motilitas dari flagellum sel sperma dan dalam transmisi saraf.
11. Apa yang dimaksud dengan hemoglobin?
Hemoglobin adalah protein di dalam darah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dari paru ke jaringan dan sel.
Molekul hemoglobin terdiri dari empat rantai protein, masing-masing dengan kelompok heme yang mengandung atom besi. Besi bertanggung jawab untuk mengikat oksigen dalam paru-paru dan hemoglobin dikenal juga sebagai zat merah pada darah.
12. Apa pentingnya magnesium untuk tanaman? Apa fungsi biologis utama  magnesium?
Magnesium adalah zat penting bagi tanaman karena merupakan bagian dari molekul klorofil (dan klorofil penting untuk fotosintesis). Pada hewan Magnesium juga bertindak sebagai kofaktor dari beberapa enzim dan penting relaksasi otot danuntuk transmisi saraf.
13. Mengapa yodium penting bagi manusia?
Yodium adalah suatu unsur kimia mendasar bagi berfungsinya kelenjar tiroid karena merupakan bagian dari hormon yang diproduksi oleh kelenjar ini. Kekurangan yodium menciptakan semacam hipotiroidisme, penyakit yang dikenal sebagai gondok.