RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8) Mendeskripsikan Proses Perolehan Nutrisi Dan Transformasi Energi Pada Tumbuhan Hijau

RPP BIOLOGI SMP KELAS VIII (8)
Mengidentifikasi Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada
Tumbuhan


Mata Pelajaran            : IPA (Biologi)
Kelas/Semester            : VIII/1
Pertemuan Ke-            : 22-25
Alokasi Waktu            : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 2. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Alokasi Waktu            :
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan.
2.3 Mengidentifikasi macam gerak pada tumbuhan.
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator                     :
• Menjelaskan struktur dan fungsi organ serta jaringan tumbuhan.
• Menjelaskan macam-macam gerak pada tumbuhan.
• Mendata hama dan penyakit pada organ tumbuhan.

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menyebutkan struktur dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji;
B. menunjukkan struktur, fungsi, dan letak epidermis, korteks, serta stele pada tumbuhan;
C. membuktikan peristiwa osmosis;
D. membuktikan adanya daya isap daun;
E. mengamati macam-macam gerak pada beberapa tumbuhan;
F. menyebutkan contoh hama dan penyakit pada organ serta jaringan tumbuhan.

II. Materi Pokok
• Jaringan penyusun akar.
• Jaringan penyusun batang.
• Jaringan penyusun daun.
• Jaringan penyusun bunga.
• Pengangkutan pada tumbuhan.
• Macam-macam gerak pada tumbuhan.
• Hama dan penyakit pada tumbuhan.

III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi sumber pelajaran yang relevan;
B. diskusi tentang macam-macam jaringan tumbuhan;
C. praktikum.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-22

A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, misal, ”Apakah fungsi akar bagi tanaman?”
B. Kegiatan Inti
1. Guru menunjukkan organ-organ penyusun tumbuhan secara lengkap.
2. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta berdiskusi untuk menunjukkan macam dan fungsi organ penyusun tumbuhan.
3. Siswa diminta menyebutkan macam-macam akar pada tumbuhan, misalnya akar napas, akar lutut, dan akar udara.
4. Siswa diminta menjelaskan arah gerak akar geotropi dan hidrotropi.
5. Siswa diminta menyebutkan bagian akar yang berfungsi melindungi ujung akar.
6. Selain itu, siswa juga diminta menunjukkan macam dan fungsi jaringan penyusun akar.
7. Siswa diminta membedakan sistem akar tunggang dan sistem akar serabut.
8. Siswa diminta menguraikan pengertian batang basah, batang rumput, batang mendong, dan batang berkayu.
9. Siswa diminta menunjukkan macam dan fungsi jaringan penyusun batang. Interaksi halaman 138.
10. Siswa diminta menjelaskan pengertian dari lingkaran tahun pada batang tumbuhan.
11. Siswa diminta menjabarkan bagian-bagian daun.
12. Siswa diminta menjelaskan macam dan fungsi jaringan penyusun daun.
13. Siswa diminta mendeskripsikan bagian-bagian penyusun bunga lengkap beserta fungsinya.
14. Siswa diminta mendeskripsikan bagian-bagian penyusun bunga lengkap beserta fungsinya.
15. Siswa diminta menjelaskan struktur benang sari.
16. Siswa diminta mendeskripsikan macam-macam buah dan biji.
17. Siswa diminta mendeskripsikan bagian-bagian biji.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang macam dan fungsi jaringan penyusun organ pada tumbuhan.



Pertemuan Ke-23

A. Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, misalnya, ”Bagaimana air yang berada di tanah dapat mencapai daun pada tumbuhan?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menyelidiki peristiwa osmosis pada tumbuhan. Selidik 7.1 halaman 146.
2. Siswa diminta membuktikan adanya daya tekan akar. Selidik 7.2 halaman 146.
3. Siswa diminta membuktikan kerja pipa kapiler. Selidik 7.3 halaman 143.
4. Siswa diminta membuktikan daya isap daun. Selidik 7.4 halaman 148.
5. Siswa diminta membuktikan bahwa proses respirasi mengeluarkan karbon dioksida. Selidik 7.5 halaman 151.
6. Siswa diminta menjelaskan pengertian dari transpirasi.
7. Siswa diminta menjelaskan laju transpirasi pada tumbuhan.
8. Siswa diminta menguraikan proses pengeluaran zat sisa pada tumbuhan, yaitu gutasi.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum peristiwa pengangkutan dan pengeluaran pada tumbuhan.

Pertemuan Ke-24

A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, misalnya, ”Mengapa daun putri malu akan menutup saat kalian sentuh?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mendiskusikan berbagai macam gerak pada tumbuhan.
2. Siswa diminta mengamati gerak nasti pada tumbuhan putri malu. Selidik 7.6 halaman 153.
3. Siswa diminta membedakan macam gerak pada tumbuhan, yaitu tropisme dan nasti.
4. Siswa diminta memberikan contoh macam-macam gerak tropisme dan nasti.
5. Siswa diminta menjelaskan gerak teksis pada tumbuhan yang meliputi kemotaksis dan fototaksis.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum macam-macam gerak pada tumbuhan.


Pertemuan Ke-25

A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, misalnya, ”Mengapa di daerah persawahan sering dijumpai orang-orangan sawah?”

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mendata hama yang menyerang tamanan.
2. Siswa diminta menjelaskan cara mencegah, mengobati, dan membasmi penyakit tersebut.

C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan.

V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman 128–162;
B. lingkungan sekitar sekolah.

VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Jelaskan struktur dan fungsi jaringan penyusun organ tumbuhan.
2. Apakah yang dimaksud dengan haustorium?
3. Apakah sistem perakaran pada tanaman moniokotil sama dengan sistem perakaran pada tanaman dikotil?
4. Disebut apakah celah-celah jaringan pada epidermis batang yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas?
5. Jelaskan proses pengangkutan yang terjadi pada xilem dan floem tumbuhan.
6. Jaringan tumbuhan apakah yang memiliki korofil paling banyak sehingga berfungsi utama sebagai tempat terjadinya fotosintesis?
7. Apakah yang dimaksud dengan tumbuhan berumah dua?
8. Mengapa benang sari dan putik disebut sebagai alat perkembangbiakan pada tumbuhan?
9. Apakah perbedaan dari osmosis dan difusi?
10. Faktor apa sajakah yang memengaruhi naiknya air dan garam mineral dari akar sampai ke daun.
11. Sebutkan macam organ pengeluaran pada tumbuhan.
12. Apakah yang dimaksud dengan daya kapilaritas pada batang tumbuhan?
13. Alat apakah yang digunakan untuk mengukur laju transpirasi?
14. Sebutkan macam-macam gerak yang terjadi pada tumbuhan.
15. Berikan empat contoh hama dan penyakit pada tumbuhan.
16. Apakah yang dimaksud dengan gerak esionom?
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.





Sekedar berbagi jika shobat punya BAHAN tambahan tentang artikel terkait, bermanfaat SHARE untuk kita semua, postkan link’nya di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon kesediannya mempostkan komentar sekedar ucapan terima kasih.





Jagan lupa Follow this blog dan like Fans Of School.     Kang Suley  ^_^


 




1 comments :